Jalin komunikasi

Banyak lho orang2 yg dulu pernah jd member Oriflame, tp pd akhirnya gak melanjutkan keanggotaannya. Beberapa kali aku menjumpai orang yg demikian. Tau gak kenapa? Alasannya selalu "upline entah kemana" !. Kenapa kalo upli*ne meninggalkan down*line mengakibatkan d*line patah semangat? Karena sudah tidak ada komunikasi lagi. Padahal utk memotivasi anggota group, sangat diperlukan jaringan komunikasi yg cukup lancar antara leader dan member. Mungkin komunikasi adalah satu faktor yg selalu mematahkan semangat dalam bisnis offline. Udah ada bantuan hape alias ponsel sih.. tp kebanyakan pd pake prabayar yg mana kendalanya adalah ketika pulsa habis. Kalo musti telp2-an kan sayang pulsa membengkak. Kalo musti kesana2 (datang ke rumah d*line) .. aduh.. sayang berat di ongkos bensin. Nah...

Tetapi bisnis lewat online seperti aku ini, tidak ada kesulitan utk masalah komunikasi. Tentu saja diusahakan punya group yg bisa online juga. Komunikasi selalu bisa dijalin lewat email, milis, chatting, sesekali ponsel/sms atau telpon. Untuk memotivasi d*line juga bisa dilakukan lewat itu semua. Sementara training online jelas sudah disediakan. Tapi bila ingin me-manage group sendiri bisa dibuatkan sharing pengalaman yg diposting di blog (contohnya aku ini). Juga bisa dikirimkan penjelasan2 ke mereka lewat email. Sangat mudah kan ???

Walaupun bisnisnya di-online-kan, tapi masih boleh koq dijalankan secara offline. Kan belum tentu semua d*line kita bisa online setiap saat. Bahkan ada juga yg sama sekali gak pernah menyentuh internet. Untuk itu, agar komunikasi dan motivasi tetap terjaga, selalu aku usahakan utk membuatkan hardcopy dari semua informasi yg ada, yg aku punya, yg aku share lewat email/internet, utk di-copy dan diberikan ke d*line yg offline. Dengan demikian, d*line yg offline tetap diperhatikan. Kan ada pepatah "banyak jalan menuju Roma". Demikian pula, banyak jalan menuju sukses. Ya kan ...???